(Bauran Pemasaran)
Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu
yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa kepada
konsumen yang membutuhkan produk baik berupa barang ataupun jasa.
Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu,
maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan
pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam
menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu
menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen
(konsep pemasaran).
Pengertian
Marketing Mix
•
Menurut Kotler (1997:92), Marketing mix is the set of marketing tools that the firm
uses to pursue its marketing objectives in the target market. ( Bauran pemasaran adalah sejumlah
alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran
atau target pasar yang dituju)
•
(Marketing Management,1997) Marketing mix is the set of marketing tools that the firm
uses to pursue its marketing objectives in the market.Bauran
pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat
dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan
pemasaran dalam pasar sasaran.
•
(Ad. Payne, 1995:31) Bauran pemasaran adalah unsur atau elemen internal penting yang membentuk
program pemasaran sebuah organisasi. Bauran pemasaran merupakan salah satu
konsep universal yang telah dikembangkan dalam pemasaran.
Macam - Macam Alat pemasaran
Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan
kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat
terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging,
sizes, services, warranties, and returns. Perencanaan produk harus memikirkan produk pada tiga tingkat:
1. Produk Inti
2. Produk Aktual
3. Produk Tambahan
Dan dalam proses pemasaran produk, ada kendala-kendala yang dialami, diantaranya :
1. Penetapan
sasaran pasar
2. Penetuan posisi
dipasar
3. Atribut dari
produk-produk individual
Price (harga), yaitu sejumlah
uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk.
Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms,
and retail price.
Ada empat tujuan kebijakan harga, yaitu :
1. Bertahan hidup
2. Memaksimalkan laba jangka pendek
3. Unggul dalam bagian pasar
4. Unggul dalam kualitas produk
Place (tempat), yaitu
berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual
terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain
channels, coverage, assortments, locations, inventory, dan transport. Saluran distribusi untuk barang
konsumsi:
1. Saluran distribusi langsung
2. Saluran distribusi menggunakan satu
perantara
3. Saluran distribusi nasional
Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikandan
memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Ada
empat macam promosi :
1. Periklanan
2. Personal Selling
3. Publisitas
4. Promosi Penjualan
Contoh kasus ( Menurut buku “Dasar-dasar pemasaran”
Philip kotler & Gary Armstrong )
PRODUK: Mobil Ford Taurus terdiri dari baut, mur, busi, piston,
lampu depan, dan sebagainya. Ford menawarkan beberapa gaya Taurus dan banyak
lagi pilihan lainnya. Mobil diterima pembeli setelah di servis penuh dan dengan
jaminan komperhensif.
HARGA: Ford menghitung harga eceran yang diusulkan yang mungkin
dikenakan dealer atas tiap Taurus.
Tetapi dealer ford jarang menggunakan harga penuh seperti yang disarankan.
Sebagai ganti, mereka merundingka harga dengan tiap pelanggan, menawarkan
potongan harga, dan syarat kredit untuk menyesuaikan dengan situasi persaingan
pada waktu bersangkutan dan member harga sejalan dengan persepsi pembeli
mengenai nilai mobil.
TEMPAT: Ford mempertahankan sejumlah dealer yang dimiliki secara
independen dan menyeleksinya secara hati-hati. Setiap dealer diberikan
persediaan mobil ford cukup banyak, melakukan demonstrasi pada pembeli
potensial, merundingkan harga, menutup penjualan, serta menservis mobil setelah
penjualan.
PROMOSI: Ford membelanjakan lebih dari $600 juta dolar setiap tahunnya
untuk iklan dan memberitahukan konsumen tentang prodkunya. Tenaga penjual
dealer membantu pembeli potensial dan memberitahukan mereka bahwa ford adalah mobil terbaik bagi
mereka. Mereka pun menawarkan promosi khusus, bunga kredit rendah, dsb.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk
pemasaran :
Dari sudut pandang penjual :
·
Tempat yang strategis (place),
·
Produk yang bermutu (product),
·
Harga yang kompetitif (price), dan
·
Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
·
Kebutuhan dan keinginan konsumen
(customer needs and wants),
·
Biaya konsumen (cost to the
customer),
·
Kenyamanan (convenience), dan
·
Komunikasi (comunication).
Evolusi Faktor Bauran Pemasaran [ Marketing Mix]
Bauran
pemasaran yang terdiri dari product, price, place, dan promotion (4P) seiring
perkembangan jaman dan tuntutan pasar yang senantiasa mengalami perkembangan
telah mengalami evolusi dan terus berkembang searah dengan perkembangan
perilaku konsumen dan kecerdasan para ahli pemasaran. Lovelock dan Wright
(2002:13-15) mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix) menjadi
integrated service management dengan menggunakan pendekatan 8Ps, yaitu:
·
Product elements, adalah semua komponen dari kinerja
layanan yang menciptakan nilai bagi pelanggan.
·
Place, cyberspace, and time,
adalah keputusan manajemen mengenai kapan, dimana, dan bagaimana menyajikan
layanan yang baik kepada pelanggan.
·
Promotion and education,
adalah semua aktivitas komunikasi dan perancangan insentif untuk membangun
persepsi pelanggan yang dikehendaki perusahaan atas layanan spesifik yang
perusahaan berikan.
·
Price and other user outlays,
adalah pengeluaran uang, waktu, dan usaha yang pelanggan korbankan dalam
membeli dan mengkonsumi produk dan layanan yang perusahaan tawarkan atau
sajikan.
·
Process, adalah suatu metode pengoperasian
atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk dan layanan
yang baik kepada pelanggan
·
Productivity and quality, produktivitas adalah sejauh mana
efisiensi masukan-masukan layanan ditransformasikan ke dalam hasil-hasil
layanan yang dapat menambah nilai bagi pelanggan, sedangkan kualitas adalah
derajat suatu layanan yang dapat memuaskan pelanggan karena dapat memenuhi
kebutuhan, keinginan, dan harapan.
·
People, adalah pelanggan dan karyawan yang
terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan layanan (service production).
·
Physical evidence, adalah perangkat-perangkat yang
diperlukan dalam menyajikan secara nyata kualitas produk dan layanan.
Buku “Dasar
– dasar pemasaran ” Edisi Keenam jilid 1 Karya Philip Kotler dan Gary Armstrong